Trending

Soal Koalisi dan Capres, Megawati: Bukan Sombong, PDIP Bisa Sendiri

Soal Koalisi dan Capres, Megawati: Bukan Sombong, PDIP Bisa Sendiri

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengatakan secara faktual, partainya bisa mengajukan calon presiden-calon wakil presiden sendiri tanpa harus bekerja sama dengan partai politik lain.

Hal itu disampaikan Megawati saat ditanyai wartawan mengenai kerja sama politik yang dijajaki PDIP jelang pemilu 2024. Megawati mengatakan dia tahu semua pihak menantikan soal capres-cawapres yang akan diusung partainya.

“Dan saya memang mengatakan, bukan karena sombong, tapi karena faktualnya PDI Perjuangan kan bisa pegang sendiri, jadi itupun menjadi sebuah bagian dari hitungan ya,” kata Megawati dalam keterangannya, Sabtu (17/9/2022).

Meski demikian, PDIP tetap akan bekerjasama politik dengan parpol lain nanti di saat yang tepat dan saat persiapan sudah matang. Megawati meminta semua pihak bersabar.

“Politik ya jadi tidak bisa mengatakan namanya black and white atau hitam putih. Jadi seharusnya ya sabar saja lah dulu. Ini kan sedang pematangan dalam rangka untuk pelaksanaan. Jadi kalau belum apa apa begitu sudah…ya monggo. Ini kan PDI Perjuangan. Kalau partai lain ingin gabung kesana, silakan saja,” kata dia.

Menurut Megawati, dirinya juga tahu bahwa ada hal yang bisa disampaikan ke publik secara terbuka, dan ada yang tidak. Dan PDIP memang berkonsentrasi memperkuat soliditas internal.

“Itu yang sangat dinantikan oleh banyak orang, tetapi kan saya tidak bisa. Saya itu mungkin kalian sudah hafal, saya sebagai ketua umum, mungkin begitu lama saya sudah menjadi ketua umum yang selalu terpilih dan terpilih lagi, jadi buat saya ada yang memang seharusnya dikonsumsikan ke masyarakat tapi juga ada yang bagi kami itu kami belum sampaikan,” urai Megawati.

“Karena sampai hari ini kami masih melakukan hal-hal yang sifatnya internal. Tapi kan juga tadi sudah saya katakan eksternalnya adalah mengenai masalah dengan KPU,” tambah Megawati.

Pada sambutan rakernas PDIP, Presiden Joko Widodo memberikan sambutan. Disela sambutan, Jokowi juga sempat memuji Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published.